Breaking News
Home / Berita Kesehatan / Gak Perlu Obat! Ini 10 Makanan Alami Ini Bisa Bantu Usir Flu dengan Cepat
Gak Perlu Obat! Ini 10 Makanan Alami Ini Bisa Bantu Usir Flu dengan Cepat

Gak Perlu Obat! Ini 10 Makanan Alami Ini Bisa Bantu Usir Flu dengan Cepat

[ad_1]

Cuaca yang tak menentu seringkali menjadi penyebab munculnya berbagai jenis penyakit, terutama flu. Sedikit saja daya tahan tubuh menurun, maka gejala-gejala flu akan mudah sekali menyerang. Umumnya tenggorokan akan terasa sakit, hidung tersumbat, pusing, batuk dan gejala-gejala ringan lainnya hingga menyebabkan demam.

Oleh karenanya, penting menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. Rutin olahraga dan konsumsi makanan sehat akan menjauhkanmu dari penyakit yang bernama flu. Namun, jika toh ternyata flu tersebut berhasil menerobos sistem kekebalanmu, jangan serta-merta langsung pergi ke dokter. Sebaliknya, konsumsilah beberapa makanan alami berikut ini.

1. Apel

Apel mengandung flavanoid yang mencegah kanker dan penyakit jantung. Satu buah apel berukuran sedang, mengandung empat gram serat makanan, yang berarti mampu memenuhi 17 persen kebutuhan serat harian. Selain itu, apel juga mampu memasok 14 persen kebutuhan vitamin C harianmu.

2. Kembang Kol

Merupakan salah satu sumber vitamin C yang cukup besar. Selain itu kembang kol juga mengandung mineral penting seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan mangan. Kembang kol juga tak mengandung kolesterol berbahaya. Kandungan kolin dan fosfor pada kembang kol juga berfungsi untuk memperbaiki daya dari membran sel.

3. Pisang

Pottasium yang terkandung dalam buah pisang berfungsi untuk menenangkan pikiran, serta membantu gejala sulit tidur. Selain itu pisang juga mengandung vitamin B6, magnesium dan kalium, yang dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Pisang juga mengandung triptofan yang dapat memicu produksi hormon serotonin di otak. Serotonin sendiri merupakan senyawa yang dapat membuat tenang, sehingga dapat membuat tidur lebih nyenyak.

4. Ubi Manis atau Ubi Jalar

Makanan satu ini memang seringkali dianggap sepele oleh sebagian besar orang. Biasanya, ubi manis ini mendadak jadi primadona ketika bulan puasa tiba—karena banyak ibu-ibu rumah tangga yang membuat kolak dengan bahan utama ubi manis. Padahal, tak ada salahnya kok, jika kau memang ingin mengkonsumsi ubi manis ini diluar bulan Ramadhan. Pasalnya ubi manis atau ubi jalar memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, seperti vitamin A, C dan E, beta-karoten, magnesium, kalium dan juga kaya anti oksidan. Nah lho!

5. Pepaya

Tak hanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, pepaya juga berfungsi untuk mengusir flu dari dalam tubuh. Buah tropis satu ini memiliki kandungan beta-karoten, vitamin E, serta vitamin C yang tak kalah tinggi dengan buah jeruk. Selain itu, pepaya juga mengandung lycopene yang berfungsi sebagai anti oksidan.

6. Jamur Kancing

Dinamakan jamur kancing, karena memang bentuknya yang bulat-bulat mirip kancing. Makanan satu ini selain lezat, juga dapat melawan sel kanker. Pasalnya, jamur kancing memiliki kandungan berupa niacin, riboflavin, folate, fosfor, zat besi, panthothenic acid, zinc, potassium, copper, magnesium, vitamin B6, selenium dan thiamin. Selain itu, jamur kancing juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Bayangkan, sel kanker saja bisa dilibas, apalagi virus influenza!

7. Susu

Seperti kita tahu, susu adalah minuman yang kaya akan protein, kalsium, serta vitamin D. selain itu, susu juga kaya akan fosfor, kalium, vitamin A, magnesium, dan seng. Tak heran jika minuman satu ini merupakan pelengkap dalam tabel 4 sehat 5 sempurna. Susu juga bisa membantu mengatasi kesulitan tidur.

8. Sup Ayam

Sup ayam bermanfaat untuk mencegah mengumpulnya sel darah putih yang dapat menyebabkan inflamasi, dan mencegah produksi mucus yang berlebihan. Berbagai macam sayur dan rempah yang terkandung dalam sup ayam juga memiliki gizi tinggi yang dapat membantu meredakan gejala flu. Bawang putih berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta membunuh bakteri, sedangkan merica memiliki efek decongestan yang dapat meredakan hidung tersumbat.

9. Jahe

Herbal alami khas Indonesia yang satu ini, selain digunakan sebagai bahan penyedap masakan, juga memiliki khasiat untuk mengobati flu maupun demam. Pasalnya, jahe dapat menghangatkan tubuh dan memproduksi keringat, sehingga dapat mengeluarkan racun serta virus dari dalam tubuh. Selain itu, jahe juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan, mengeluarkan dahak, dan melegakan tenggorokan. Flu? Masuk angin? No way!

10. Vitamin C

Suplemen vitamin C cocok sekali dikonsumsi oleh kamu yang tak ingin repot mencari bahan makanan yang disebutkan diatas. Konsumsilah vitamin C tiga kali sehari setelah makan. Sebaiknya, pilihlah vitamin C yang bermutu tinggi, yang cepat serap dan bisa bertahan lama di dalam tubuh. Tak seperti obat-obatan, suplemen vitamin C juga tidak memiliki efek samping. Meski demikian, tetap patuhi aturan minumnya ya.

Itulah beberapa makanan alami yang bisa membantu mengusir flu dari dalam tubuh. Minimalisir-lah penggunaan obat-obatan kimia jika kamu mengalami sakit ringan. Selain mengakibatkan efek samping, obat-obatan kimia juga mengandung racun yang sangat berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi dalam waktu lama.

(Sumber:http://www.idntimes.com)

[ad_2]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*