Breaking News
Home / Berita Kesehatan / Hindari Penyakit Osteoporosis dengan Rutin Makan Ini
Hindari Penyakit Osteoporosis dengan Rutin Makan Ini

Hindari Penyakit Osteoporosis dengan Rutin Makan Ini

[ad_1]

Wanita dengan usia senja atau setelah memasuki masa menopause sering mengalami masalahosteoporosis. Itu adalah kondisi kualitas dan kepadatan tulang yang berkurang lebih cepat. Akibatnya tulang lebih rapuh, serta lebih rentan mengalami retak atau patah akibat benturan.

Karena sering tak menunjukkan gejala yang nyata, osteoporosis kerap disebut silent disease. Penyebabnya bisa dari faktor keturunan, riwayat keluarga, gizi buruk, merokok, aktivitas fisik dan berat badan yang kurang dari normal.

Demikian juga kurangnya asupan kalsium, bahkan kelenjar tiroid dan kelenjar adrenal yang terlalu aktif adalah pemicu dari osteoporosis. Kurangnya vitamin D dan K, magnesium, seng, tembaga dan mangan juga menyebabkan osteoporosis.

Karena itu Anda dapat mencegahnya sedini mungkin dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti dilansir laman Boldsky berikut ini:

1. Ikan

Karena kandungan kalsiumnya yang tinggi, ikan sangat berguna untuk mencegah osteoporosis. Jenis ikan yang dianjurkan adalah sarden dan salmon.

2. Yogurt/susu

Minuman bercita rasa asam ini juga sumber yang baik untuk kalsium, vitamin dan nutrisi. Kepadatan tulang akan terjaga jika Anda banyak mengonsumsi yogurt yang kaya kalsium.

3. Telur

Makanan sumber protein ini juga kaya vitamin, kalsium, selenium dan folat. Tak hanya baik untuk tulang, ia juga baik untuk tumbuhnya rambut dan kuku.

4. Kubis

Kubis adalah sumber serat, vitamin serta folat dan mineral seperti mangan, besi dan magnesium. Kubis juga kaya vitamin K, yang melancarkan proses metabolisme dan mencegah alzheeimer.

5. Pisang

Buah ini efektif mencegah osteoporosis karena mengandung mineral esensial, kalsium, juga beberapa nutrisi lainnya.

6. Kacang

Kacang termasuk juga kacang panjang sangat kaya akan vitamin D, kalsium, serat, dan antioksidan. Folat yang berperan penting untuk pembentukan sel darah merah juga penting dalam menjaga kondisi tulang Anda.

Jadi konsumsi beberapa jenis makanan tersebut secara rutin agar osteoporosis tidak menyerang Anda.

(Sumber:catatanuang.com/berita/hindari-penyakit-osteoporosis-dengan-rutin-makan-ini.html)

[ad_2]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*