Breaking News
Home / Berita Kesehatan / Kamu Sering Terganggu dengan Suara Orang Makan? Selamat, Kamu Berjiwa Kreatif!
Kamu Sering Terganggu dengan Suara Orang Makan? Selamat, Kamu Berjiwa Kreatif!

Kamu Sering Terganggu dengan Suara Orang Makan? Selamat, Kamu Berjiwa Kreatif!

[ad_1]

Apakah suara orang yang sedang makan atau menyedot minuman mengganggu konsentrasimu? Atau suara orang makan popcorn di dalam bioskop bisa membuatmu kesal? 

Jika suara-suara ini mengganggumu, tenang. Kamu mungkin lahir dengan pendengaran yang ekstra sensitif yang disebut misophonia. Hanya 20 persen populasi dunia yang mengalami gangguan ini. Setelah diteliti, ternyata ilmuwan dari Universitas Northwestern menemukan bahwa orang dengan gangguan misophonia lebih kreatif dari orang kebanyakan.

Yap, kamu gak salah baca. Kalau kamu terganggu dengan suara kunyahan, ada kemungkinan bahwa kamu jenius. Semakin marah kamu ketika mendengar suara orang mengunyah makanan, maka semakin jenius

Misophonia ternyata berhubungan dengan kreativitas seseorang.

Dalam studi yang dilakukan Universitas Northwestern terhadap 100 partisipan, sebagian besar orang mengungkapkan bahwa mereka yang terganggu dengan suara makan dan kunyahan ternyata lebih kreatif dari orang yang tidak terganggu dengan suara tersebut. Dengan kata lain, semakin banyak suara yang mengganggumu, maka semakin tinggi kreativitasmu.

Darya Zabelina, salah satu ilmuwan yang memimpin riset menjelaskan:

“The propensity to filter out ‘irrelevant’ sensory information… happens early and involuntarily in brain processing and may help people integrate ideas that are outside the focus of attention, leading to creativity in the real world.”

Menariknya, para ilmuwan juga menemukan bahwa kebiasaan ini juga dilakukan jenius seperti Charles Darwin.

Orang kreatif biasanya memiliki masalah dengan suara-suara kecil yang ada di sekitar mereka. Tak jarang, para jenius membuat blokade suara agar tak ada satupun suara yang masuk ke ruang kerja mereka.

Jadi, lain kali kalau kamu dongkol setengah mati ketika seseorang makan mi atau minum es, ambil tarikan nafas dalam-dalam dan yakini bahwa kamu lebih kreatif dari orang kebanyakan, atau bahkan lebih cerdas dari mereka.

Kamu mungkin membayangkan kalau orang dewasa pasti lebih tahu cara makan yang benar tanpa harus mengeluarkan suara, namun tentu saja tak semua orang bisa tahu apa yang kamu mau.

Itu artinya bahwa orang kreatif, para misophonia, tak bisa dengan tenang melaluinya. Bagaimanapun, kamu tetap gak bisa membuat orang lain berubah hanya karena mereka mengganggumu.

Jadi, lain kali jangan dongkol lagi ya kalau ada suara kunyahan makanan seseorang.

Itu tandanya kamu lebih kreatif dari orang kebanyakan.

(Sumber:www.idntimes.com)

[ad_2]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*