Breaking News
Home / Berita Kesehatan / Lima Penyakit Berbahaya yang Ditandai Sakit Kepala
Lima Penyakit Berbahaya yang Ditandai Sakit Kepala

Lima Penyakit Berbahaya yang Ditandai Sakit Kepala

[ad_1]

Sakit kepala adalah keluhan yang biasa dialami oleh sebagian besar orang dan umumnya memang tidak berbahaya. Dalam hitungan menit, jam, atau hari keluhan sakit kepala biasanya akan mereda dan tidak meninggalkan gejala sisa.

Akan tetapi, pada beberapa kondisi, sakit kepala yang dialami seseorang bisa jadi merupakan suatu tanda adanya penyakit tertentu, dan tanpa disadari dapat mengancam nyawa orang yang bersangkutan.

Penyakit apa saja yang juga ditandai dengan keluhan sakit kepala?

Aneurisme Pembuluh Darah Otak

Aneurisme adalah kelainan struktur pembuluh darah di mana dinding pembuluh darah menjadi sangat tipis dan berbentuk seperti balon. Kelainan ini menyebabkan pembuluh darah tersebut sangat rapuh dan mudah pecah. Dari semua kemungkinan penyebab, bila sakit kepala dirasakan tiba-tiba dan memberat dalam hitungan menit, maka pecahnya aneurisme pembuluh darah otak dapat menjadi penyebabnya. 

Selain sakit kepala, pada pecahnya aneurisme pembuluh darah otak biasanya juga dijumpai beberapa gejala penyerta:

  • Kaku leher.
  • Photophobia atau sangat silau melihat cahaya.
  • Mual muntah.
  • Penurunan kesadaran.

Untuk mengonfirmasi sakit kepala yang terjadi adalah benar dikarenakan pencahnya pembuluh darah otak, diperlukan pemeriksaan penunjang berupa CT Scan, pungsi sum-sum tulang, atau MRI (Magnetic Resonance Imaging).

Space Occupying Lesion

Kemungkinan penyakit lain yang dapat terjadi saat seseorang mengalami sakit kepala adalah space-occupying lesion, di mana terdapat massa yang mendesak struktur otak normal. Massa yang dimaksud dapat berupa tumor jinak, ganas, maupun gumpalan darah. Data menunjukkan bahwa pada 111 orang dengan tumor otak yang diteliti, 48% mengalami keluhan sakit kepala

Selain sakit kepala, gejala yang umumnya terlihat pada kasus space-occupying lesion adalah:

  • Kejang.
  • Disorientasi.
  • Mual berkepanjangan.
  • Kelemahan satu sisi tubuh.

Robekan Spontan Pembuluh Darah Otak

Robekan spontan pembuluh darah caotid interna yang berada di otak memang tidak umum terjadi. Namun, penyakit ini dapat dipertimbangkan menjadi salah satu penyebab sakit kepala hebat yang disertai gangguan fungsi saraf pada golongan usia muda. Sakit kepala yang terjadi umumnya hanya satu sisi, sesuai dengan daerah yang diperdarahi pembuluh darah carotid interna yang mengalami robek.

Sumbatan/Trombosis Pembuluh Vena Otak

Pada sumbatan pembuluh darah otak, sakit kepala akan terasa hebat dan terdapat tanda peningkatan tekanan dalam rongga kepala, yaitu papilledema atau bengkaknya saraf mata.

Radang Selaput Otak Akibat Virus (Meningitis Viral)

Walaupun dapat sembuh dengan sendirinya, gejala sakit kepala yang dirasakan pada kasus meningitis viral tidak bisa dianggap ringan. Pada bayi berusia kurang dari satu bulan dan pada orang-orang dengan status imun yang rendah, meningitis viral dapat mengancam nyawa.

Selain sakit kepala hebat, orang dengan meningitis viral umumnya juga mengalami gejala sebagai berikut:

  • Demam.
  • Kaku leher.
  • Sensitif terhadap cahaya.
  • Mudah lelah.
  • Mual muntah.
  • Nafsu makan hilang.

(Sumber:http://www.klikdokter.com/rubrikspesialis/anti-nyeri/sakit-kepala/lima-penyakit-berbahaya-yang-ditandai-sakit-kepala)

[ad_2]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*