Breaking News
Home / Berita Kesehatan / Sulit Tidur? Lakukan Hal Ini Dijamin Pulas
Sulit Tidur? Lakukan Hal Ini Dijamin Pulas

Sulit Tidur? Lakukan Hal Ini Dijamin Pulas

[ad_1]

Pernahkah Anda mengalami sulit tidur walaupun telah banyak melakukan banyak aktivitas? Untuk masyarakat di kota besar, insomnia seolah jadi teman yang mengunjungi Anda ketika malam tiba.

Padahal kurang tidur dan istirahat akan membuat tubuh Anda rentan terserang beragam penyakit. Sebuah studi yang dilansir dari India Times mengungkapkan bahwa kurang tidur kurang dari lima jam per hari memudahkan tubuh terserang penyakit, seperti demam dan infeksi.

Untuk mengatasi sulit tidur, beragam cara bisa Anda lakukan, seperti napas teratur dan menjaga ruangan tetap gelap. Seperti dilansir dari Cosmopolitan.com, Kamis (28/4/2016), Liputan6.com merangkum beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sulit tidur.

1. Matikan gawai Anda

Di tengah perkembangan zaman dan teknologi saat ini, manusia seolah tak bisa lepas dari gawai mereka bahkan sampai ke tempat tidur. Namun, faktanya kebiasaan tersebut merupakan salah satu faktor yang membuat seseorang sulit tidur. Menurut pakar tidur, Robert S Rosenberg, MD yang juga penulis buku The Doctor’s Guide to Sleep Solution for Stress and Anxiety, salah satu cara untuk mengatasi sulit tidur dengan mematikan gawai Anda, seperti smartphone, laptop, tablet, bahkan televisi.

2. Jalani ritual penghantar tidur

Dr Rosenberg juga mengatakan bahwa rutinitas sebelum tidur dapat dimanfaatkan untuk mengatasi insomnia Anda. Tidak hanya membantu atasi sulit tidur, rutinitas yang menjadi ritual Anda akan membiasakan otak untuk mengidentifikasi aktivitas pengantar tidur. Beberapa kegiatan tersebut, seperti membaca buku, yoga, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

3. Sembunyikan jam Anda

Jauhkan semua elemen yang mengingatkan Anda pada waktu, seperti jam. Dr Rosenberg mengatakan bahwa menatap jam dapat meningkatkan kecemasan dan membuat Anda terus menghitung. Selain itu, dengan melihat jam, Anda akan memicu respon stres tubuh, sehingga mustahil untuk tidur dengan pulas.

4. Tempatkan beberapa tanaman lavender

Lavender memiliki kemampuan menghasilkan bau yang mampu menenangkan pikiran Anda. Tempatkan beberapa lavender atau gunakan lilin terapi, semprotan, atau losion yang beraroma tanaman tersebut untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

5. Atur napas

Di samping menggunakan visualisasi, atur napas Anda dengan teratur untuk membiarkan tubuh dan pikiran rileks. Dr Rosenberg mengungkapkan bahwa berfokus pada nafas yang teratur, Anda bisa mengontrol pikiran untuk mudah tidur.

6. Buat ruangan sejuk

Salah satu faktor yang membuat seseorang insomnia karena ruangan tidurnya terlalu panas. Dr Rosenberg menyarankan agar Anda mudah tidur, suhu ruangan diatur sekitar 18-20 derajat Celsius.

7. Jaga ruangan agar tetap gelap

Bagi orang yang sedang insomnia, sering kali mereka lupa untuk mematikan segala bentuk cahaya di ruangan kamar. Menurut Dr Rosenberg, ternyata hal tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat Anda sulit untuk tidur. Cobalah untuk mematikan lampu agar tidur Anda semakin pulas.

8. Luangkan 30 menit untuk tidur siang

Salah satu indikator pertanda Anda kurang tidur adalah frekuensi buang air besar yang tidak teratur di pagi hari. mengatasi kualitas tidur yang buruk, luangkan paling tidak 30 menit untuk tidur siang.

9. Olahraga secara teratur

Mungkin hampir semua orang di dunia mengetahui bahwa olahraga memiliki banyak manfaat tak hanya untuk tubuh dan pikiran saja, tetapi juga meningkatkan kualitas tidur. Namun, tak jarang pula orang yang tidak melakukannya dengan alasan kesibukan rutinitas. Dr Rosenberg menjelaskan aktivitas fisik, seperti olahraga meningkatkan kemampuan kemampuan otak menurunkan neurotropik yang mengatur suasana hati dan membuat Anda relaks sehingga memudahkan untuk tidur.

10. Jangan minum untuk bisa tidur

Beberapa kalangan meyakini jika Anda sulit tidur, cobalah untuk minum minuman beralkohol, seperti bir atau anggur. Dr Rosenberg menepis anggapan tersebut dengan pernyataan yang sebaliknya bahwa minuman beralkohol malah akan membuat kualitas tidur Anda jadi buruk.

(Sumber:lifestyle.liputan6.com)

[ad_2]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*