Breaking News
Home / Berita Kesehatan / Takut Naik Pesawat? Ini 5 Tips Mengatasinya
Takut Naik Pesawat? Ini 5 Tips Mengatasinya

Takut Naik Pesawat? Ini 5 Tips Mengatasinya

[ad_1]

Liburan memang menyenangkan, namun terbang menggunakan pesawat terkadang membuat beberapa orang takut. Seperti yang dilaporkan sebuah data, 40 persen orang mengalami kecemasan ketika naik pesawat. Jangan khawatir, ada beberapa tip mengatasai tasa takut saat naik pesawat.

1. Anggap sebagai kebiasaan

Otak kita menangkap rasa cemas ketika naik pesawat karena kita menganggapnya sebagai “ancaman”. Pemikiran itu muncul karena terbang dengan pesawat bukan kebiasaan kita sehari-hari.

Oleh karena itu, Nathan mengatakan, sebaiknya kita harus mengatakan kepada otak kita bahwa naik pesawat merupakan hal yang biasa dan tidak berbahaya. Nathan juga menyarankan kita untuk lebih sering menggunakan transportasi udara ketika berlibur untuk membiasakan diri dan mengurangi rasa takut secara perlahan.

2. Fokus pada pernapasan

Jangan menyelepekan kekuatan pernapasan. Jika mengalami ketakutan di udara, Nathan menyarankan kita mencoba meditasi atau latihan pernapasan untuk meredakan panik. “Panjangkan napas Anda dengan menghirup dan mengeluarkan napas lebih lama dari biasanya. Atau bayangkan gambar-gambar indah,” kata Nathan.

3. Edukasi diri sendiri

Seperti banyak orang katakan, pengetahuan adalah kekuatan. Mungkin untuk mengurangi rasa takut naik pesawat, kita bisa mempelajari soal pesawat dan pola penerbangannya.

“Orang-orang berimajinasi tentang yang terburuk tentang pesawat terbang. Namun, dengan mempelajari bagaimana pesawat moderen dibuat dan mengetahui bahwa sayapnya tidak mudah patah bisa mengatasi keraguan-keraguan untuk naik pesawat,” papar Nathan.

4. Kenali rasa panik

Salah satu hal terburuk adalah menghindari rasa takut kita. Lebih cepat menerima rasa panik, maka lebih cepat bagi kita untuk melawannya. “Lari dari emosi kita hanya membuatnya semakin buruk. Pahami rasa panik dan takut kita, tidak mudah memang, tapi pasti bisa melaluinya,” saran Nathan.

5. Ubah rasa takut jadi game

Perhatikan sekeliling Anda ketika mulai merasa gugup. Fokus kepada pramugari, penumpang di depan kita atau apa pun yang membuat kita merasa lebih nyaman.

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa takut naik pesawat. Selamat mencoba! 

(Huffingtonpost/Sumber: Intisari-online.com/Lintang Bestari)

[ad_2]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*